Sabtu, 29 Januari 2011

Situs Negatif

Kata Negatif...!!, tentunya kita semua sependapat bahwa hal yang negatif adalah hal yang kadar lebih tidak lebih baiknya lebih banyak dari yang baiknya. Pemerintah Indonesia Melalui Menkominfo begitu gencar melakukan pemblokiran situs-situs negatif di Internet, Tapi sesungguhnya pemblokiran situs-situs negatif itu dapat dilakukan di dalam lingkungan kecil , seperti lingkungan keluarga kita sendiri. Di Sistem Operasi linux seperti ubuntu pemblokiran situs negatif dapat dilakukan dengan menggunakan salah satu tools yang ada pada ubuntu salah satunya Nanny Parental . Sesuai namanya dengan tools ini orang tua dapat dengan mudah memproteksi anak-anaknya dalam mengakses situs-situs negatif. Dengan Nanny Parental orang tua dapat memblokir situs-situs yang dianggap dapat membahayakan atau bahkan merugikan bagi putra putrinya.


Install Dan Setting Nanny Parental di Ubuntu

sangat mudah sekali melakukan proses instalasi Nanny Parental di ubuntu, modal yang diperlukan hanya akses internet.

Langkah pertama yang dilakukan adalah masuk sebagai root pada terminal dengan perintah "sudo su" kemudian masukkan password root anda.

Langkah Kedua tambahkan alamat "sudo add-apt-repository ppa:guadalinex-members/ppa" pada repository, dengan mengetikkannya pada terminal .

Kemudian lakukan Perintah Update "sudo apt-get update"

Lakukan Perintah Instalasi dengan mengetikan "sudo apt-get install nanny"



Tunggu sampai instalasi selesai, kemudian buka Sistem --> Administration --> Parental Control, Masukkan password root anda, setelah itu lakukan pemblokiran situs yang dianggap sebagai situs negatif , dengan konfigurasi pada web browser contoh untuk memblokir situs "inseks" cukup dengan memasukkan url "inseks.com" . Setelah selesai klik ok dan cobalah akses url yang telah di blog tadi menggunakn web browser yang ada di komputer.

Konfigurasi [Klik Spoiler]



Uji Coba :Klik [Spoiler]



Pencegahan sebaiknya dilakukan dengan skala kecil agar memunculkan kebiasaan, tanpa harus menunggu pemerintah melakukaan pemblokliran.

Panduan beinternet sehat dari ICT Watch Dapat Di Download di Sini


Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Isikan Komentas Pada Artikel Ini [A K K]

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!