Sabtu, 23 Oktober 2010

Ketiga kata dari judul di atas merupakan 3 hal yang memiliki arti masing-masing bila kita melihatnya dari kacamata perkembangan Teknologi Informasi Saat ini.
  1. Open Source, sesuai dengan asal katanya Terbuka (Open) , Sumber (Source) "Sumber Terbuka" artinya segala sesuatu yang menyandang nama Open Source bersifat terbuka (Open) , Bebas(free) tapi bebas bukan berarti gratis. Bebas yang dimaksud disini adalah segala sumbernya, atau benda yang merupakan open source bebas dibagikan kepada siapa saja. Free yang dimaksud open source disini bukan lah berarti gratis, mengapa?, kita ambil contoh kita mendownload software ataupun operating sistem yang berbau open source di internet, kemudian kita burning ke media cd misalnya, nah...apakah beli cd itu gratis?, oleh karena marilah pandang dengan cermat arti Open Source.


  1. Kemudian Free Open Source Software ( FOSS ) merupakan suatu jenis perangkat lunak atau software atau sebuah program yang secara sengaja mengijinkan siapapun untuk menggunakan, menyalin, dan bahkan mendistribusikan, baik dimodifikasi ataupun tidak, baik secara gratis ataupun dengan biaya. Software yang bersifat foss kode sumber dari program harus tersedia (source code). Jika tidak ada kode program, berarti bukan perangkat lunak. Perangkat lunak bebas mengacu pada kebebasan para penggunanya untuk menjalankan, menggandakan, menyebarluaskan, mempelajari, mengubah, dan meningkatkan kinerja perangkat lunak.
  2. Kemudian bagaimana dengan Linux...? linux merupakan salah satu open source itu sendiri, linux merupakan salah satu open source sistem operasi, di dalam linux sendiri terdapat berbagai jenis linux yang lazimnya disebut distro penjelasan linux lainnya dapat dilihat pada tulisan ini


Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Isikan Komentas Pada Artikel Ini [A K K]

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!