Kamis, 14 Mei 2009

Membuat Tombol
Koneksi Pada Flash 8
Mencoba membuat tulisan tentang Multimedia, maka ini tulisan tentang Multimedia yang pertama saya buat, walau sedehana mudah-mudahan bermanfaat. Ok Lets Go....!!!! Read More....

Dalam hal ini dibuat tiga buah tombol. Ketika tombol-tombol di klik akan muncul tiga buah bangun, yaitu bangun Lingkaran, Segi Empat, dan Segitiga. Atur ukuran stage menjadi 555 x 400 Pixel, Kemudian atur Fps menjadi 12.

Selain bisa membuat tombol sendiri, Macromedia Flash 8 juga menyediakan fasilitas tombil yang siap di gunakan tanpa perlu membautnya sendiri melalui sebuah simbol. Langkah-langkah untuk menggunakan tombol pada jendela library Button adalah
  1. Klik Menu Windows, Other Panels, Common Libararies, Button
  2. Di dalam jendela library button, klik dua kali pada folder button yang tersedia. Masing-masing tombol di pisahkan dalam folder yang berbeda sesuai dengan fungsi tombol tersebut. pada pembuatan animasi ini pilih folder classic buttons, arcade button.
  3. Selan jutnya klik pada nama tombol yang di inginkan dan geser ke dalam lembar kerja. Dalam hal ini drag atau geser 3 buah tom bol ke lembar kerja yaitu arcade button blue, arcade button orange, dan arcade button yellow. Lihat gambar :


    Setelah itu klik 2 kali pada button yang berwarna biru sehingga muncul tampilan sebagai berikut :


    Posisikan posisi kursor pada frame up layer gradients kemudian buat teks menggunakan text tool dengan nama Lingkaran beri warna tulisan menjadi hitam. Setelah itu pindahkan posisi kursor ke frame over dan ubah tulisan menjadi warna biru, hal  ini berfungsi apabila nanti kursor berada pada button tulisan lingkaran akan berubah menjadi warna biru . Hal yang sama juga di lakukan pada button yang lainnya, dengan ketentuan sebagai berikut.

    Tombol

    Frame Up

    Frame Over

    Tombol  Orange

    1. Text dengan tulisanSegi Empat
    2. Warna Tulisan Hitam
    1. Ubah warna tulisan menjadi orange

     

    Tombol  Orange

    1. Text dengan tulisan Segi Tiga
    2. Warna Tulisan Hitam
    1. Ubah warna tulisan menjadi Kuning

     

    Beri nama layer menjadi Layer Tombol.

    1.     Membuat Lingkaran dan mengoneksikan dengan  Tombol

    Buat layer baru dengan nama lingkaran. Buat gambar lingkaran menggunakan Oval tool pada layer frame 26, beri gradasi warna putih dan kuning.  Seperti pada gambar.

    Buat text Lingkaran dan rumus mencari rumus Luas lingkaran pada layer lingkaran. Kemudian animasikan lingkaran dengan memberikan CreateMotionTween pada layer Lingkaran frame 26, kemudian Insert KeyFrame pada frame 35.

    Selanjutnya beralih ke layer tombol Seleksi objek tombol yang berwarna biru, kemudian ketikan script berikut pada bagian actionbuttons.

    on (press) {

         gotoAndPlay ("scene 1",26);

    }

    Artinya ketika Tombol di klik maka animasi yang di mainkan pada scene 1 dan frame ke 26.

    Lihat pada gambar berikut :


    2.      Membuat Segi Empat dan mengoneksikan dengan  Tombol

    Buat layer baru dengan nama SegiEmpat. Buat gambar segi empat menggunakan rectangle tool  pada layer Segi Empat frame 50, beri gradasi warna putih dan pink.  Seperti pada gambar.
    Buat text Segi empat dan rumus mencari rumus luas dan keliling segi empat pada layer segi empat.

         Selanjutnya beralih ke layer tombol Seleksi objek tombol yang berwarna orange , kemudian ketikan script berikut pada bagian actionbuttons.

    on (press) {

         gotoAndPlay ("scene 1",46);

    }

    Artinya ketika Tombol di klik maka animasi yang di mainkan pada scene 1 dan frame ke 46. Lihat pada gambar berikut :

    3. Membuat Segi Tiga  dan 

         mengoneksikan dengan  Tombol

    Buat layer baru dengan nama SegiTiga. Buat gambar segi tiga menggunakan rectangle tool  pada layer Segi Empat  pada frame ke 60, beri gradasi warna putih dan Hijau. Kemudian pada frame 51 berikan efek rotasi CW pada segitiga  Seperti pada gambar.

    Buat text Segi Tiga  dan rumus mencari rumus luas segitiga pada layer segitiga.

    Selanjutnya beralih ke layer tombol Seleksi objek tombol yang berwarna ketikan script berikut pada bagian actionbuttons.

    on (press) {

            gotoAndPlay ("scene 1",51);

    }

    Artinya ketika Tombol di klik maka animasi yang di mainkan pada scene 1 dan frame ke 51.

    Lihat pada gambar berikut :

    4.     Membuat Menu Utama ada di setiap layer Lingkaran,        SegiEmpat dan segitiga. Memunculkan Menu Utama           Pada layer Lingkaran

      Pada layer Tombol, Posisikan pointer pada frame ke 26                InsertKeyFrame, Berikan Animasi Create Motion Tween, pada  frame insert KeyFrame pada frame 36. Pada frame ke 26 berikan  efek Alpha dengan nilai 0 %. Pada Frame Perkecil tampilan menu  kemudian geser ke bagian bawah kanan stage. Seperti pada  gambar.

    Memunculkan Menu Utama Pada layer SegiEmpat

    Copy Objek Tombol menu utama pada layer Tombol. Selanjutnya Pada layer Segi empat , Posisikan pointer pada frame ke 50 InsertKeyFrame, Paste Objek Tombol menu utama yang telah di copykan Pada Frame 50 Perkecil tampilan menu menggunakan Free Transform Tool  kemudian geser ke bagian bawah kanan stage. 

    Selanjutnya beralih ke layer tombol Seleksi objek tombol yang berwarna orange , kemudian ketikan script berikut pada bagian actionbuttons.

    on (press) {

         gotoAndPlay ("scene 1",46);

    }

    Artinya ketika Tombol di klik maka animasi yang di mainkan pada scene 1 dan frame ke 46.

    Lihat pada gambar berikut :

    Memunculkan Menu Utama Pada layer Segitiga

    Cara nya sama seperti pada Copy Objek Tombol menu utama pada layer Tombol. Selanjutnya Pada layer Segitiga , Posisikan pointer pada frame ke 50, InsertKeyFrame pada layer 51 , Paste Objek Tombol menu utama yang telah di copykan Pada Frame 60, Perkecil tampilan menu menggunakan Free Transform Tool  kemudian geser ke bagian bawah kanan stage. Seperti pada gambar.


    Aryadi

Categories:

1 komentar:

  1. Mantap... Lanjutkan... Eh Q ada E-Book baru nih.. ntar promo di tempat kamu ya ...

    BalasHapus

Isikan Komentas Pada Artikel Ini [A K K]

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!